Kamis, 13 Maret 2014

Pilih Trading Saat Sideway atau Breakout


Sebelumnya saya ada pertanyaan terlebih dahulu, apakah anda termasuk type trader yang suka trading saat market sideway/ranging atau menunggu harga breakout ? Silahkan anda jawab dalam hati masing-masing namun yang pasti untuk menjawab pertanyaan tersebut ada beberapa factor yang harus kita perhatikan. Faktor yang paling besar adalah pengalaman trading anda masing masing.

Beberapa mata uang akan mengalami kondisi ranging atau sideway untuk beberapa saat. Kita bisa menunggu harga bergerak menuju bottom (Support) dan kita bisa mengambil keuntungan saat harga kembali memantul ke atas. Demikian juga sebaliknya kita bisa mengambil posisi Sell saat harga menyentuh area Top (Resistance) dan menutupnya atau taking profit saat harga kembali memantul kebawah. Itulah yang disebut dengan Range Trading.

Beberapa hal yang diperhatikan saat menggunakan cara range trading yaitu carilah kondisi market yang sideway atau ranging, bukan saat dalam kondisi uptrend atau downtrend karena hal ini bisa sangat rumit. Saat menggunakan teknik ranging trading sangat penting untuk tidak serakah, jangan mencoba untuk memaksimalkan keuntungan dalam jumlah besar. Mengambil keuntungan dari sebagian pergerakan harga dalam kondisi ranging lebih dari cukup dan akan berkelanjutan.

Jenis trading ini mempunyai kesempatan untuk lebih berhasil saat kita gabungkan dengan melihat trend secara umum, jika pada time frame yang lebih kecil dan harga bergerak dalam kondisi ranging tetapi untuk time frame yang lebih besar dalam keadaan bullish misalnya, mengambil posisi beli di harga rendah lebih menguntungkan sementara saat time frame yang lebih besar dalam kondisi bearish mengambil posisi sell saat harga diatas akan lebih menguntungkan.

Dan untuk beberapa trader ada yang lebih senang menggunakan strategy yang berbeda yaitu mereka mencari market dalam kondisi sideways atau ranging dan akan menunggu harga untuk breakout support atau resistance. Saat harga breakout biasannya akan mengalami pergerakan yang tajam dan dalam beberapa kasus jarak harga dari mulai breakout akan sama dengan selisih harga tertinggi dan terendah saat market ranging, meski ini tidak akan selalu terjadi.

Cara strategy breakout ini akan lebih membutuhkan waktu dan jumlah transaksi yang lebih sedikit, hal ini karena harga untuk mengalami breakout akan membutuhkan waktu untuk bisa break/pecah support atau resistance serta pergerakannya akan lebih tajam dan cepat.

Akan tetapi untuk strategi breakout ini akan sering terjadi false break, dimana untuk pergerakan break pertama biasanya untuk mengetest terlebih dahulu sebelum terjadinya pergerakan yang sebenarnya. Berhati hatilah terhadap false break ini karena sering menipu kalau kita tidak hati hati menurut kita harga sudah break support atau resistance tetapi itu hanya false break dan harga kembali berbalik arah. Keuntungan strategi ini pergerakannya akan lebih jelas terlihat.

Nah yang menjadi pertanyaan sekarang strategi mana yang lebih bagus ?

Setiap pasangan mata uang mempunyai karakter sendiri sendiri, jadi ada beberapa pasangan mata uang yang lebih bagus menggunakan strategi ranging trading dan untuk pasangan mata uang yang lain akan lebih cocok menggunakan strategi breakout trading.

Setiap pasangan mata uang mempunyai karakteristik sendiri sendiri demikian juga seorang trader juga mempunyai karakter yang berbeda beda, bagi trader yang lebih sabar akan lebih cocok menggunakan strategi ranging trading sementara bagi trader yang mempunyai sifat lebih emosional akan lebih cocok menggunakan strategi breakout trading.

Untuk mengetahui anda lebih cocok menggunakan strategi yang mana silahkan latih trading anda dengan menggunakan fasilitas demo account, nanti silahkan anda review dalam beberapa waktu dan harap perhatikan saat melakukan review lebih difokuskan terhadap keuntungan total dan jumlah transaksi yang profit tidak hanya melihat dari satu transaksi yang bisa menghasilkan keuntungan dalam jumlah yang fantastis. Terus asah kemampuan trading anda



Ayo yang mau coba trading tapi masih takut, silakan cobain demo di bawah ini

Demo Klik Disini

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf jika banyak kekurangan dalam tulisan saya. Karena saya juga masih belajar dan berharap bisa terus memperbaiki diri.

Mohon keikhlasannya jika dalam tulisan ini ada yang masih kurang. Mudah-mudahan walaupun sedikit akan ada manfaatnya untuk pembaca.

Terima kasih

 
Design by Belajar Trading Online Legal | Blogger Theme by mistaflex40 - Free Demo Akun | ForexIMF.com