Senin, 10 Maret 2014

Belum Bisa Menjadi Trader “Full-Time” ? Baca Ini !


Belajar Trading Online - Orang telah melakukan transaksi di pasar finansial selama setidaknya sepuluh dekade, meskipun hanya dalam sekitar sepuluh tahun terakhir orang bisa melakukan transaksi dalam skala kecil. Ini bisa terjadi berkat kemajuan teknologi informasi, di mana kita tidak perlu menjadi broker yang bekerja seharian penuh di lantai bursa. Internet telah mempermudah kita untuk melakukan berbagai macam transaksi finansial hanya dengan berbekal seperangkat komputer dan itu pun bisa kita lakukan dari mana saja.

Kemudahan inilah yang kemudian mempersubur pertumbuhan trader “paruh waktu” atau “part-time trader”. Berbeda dengan “full-time trader” yang bekerja di lantai bursa, para trader paruh waktu ini masih bisa berpartisipasi di pasar finansial meskipun mereka mungkin sama sekali tidak pernah melihat lantai bursa. Karyawan, professional, pelajar dan mahasiswa, bahkan ibu rumah tangga sekalipun bisa melakukan transaksi dari tempat mereka masing-masing di sela-sela kesibukan pekerjaan mereka.

Meskipun demikian, menjadi trader paruh waktu memiliki tantangan tersendiri. Biasanya para trader paruh waktu mengalami kesulitan untuk bisa menghasilkan profit yang benar-benar konsisten. Ini karena sebagai trader paruh waktu, tentu ada pekerjaan utama yang membutuhkan perhatian lebih serius. Jika Anda adalah termasuk trader paruh waktu, berikut ini ada beberapa tips yang mungkin bisa Anda terapkan agar setidaknya Anda berpotensi untuk menyamai prestasi seorang trader full-time.

1) Buat sistem trading yang sesuai dengan jadwal harian Anda

Trader paruh waktu biasanya sangat sulit membagi waktu antara pekerjaan utama dengan trading. Bisa jadi Anda akan menetapkan waktu tertentu untuk kegiatan trading Anda, misalanya pukul 19.00 – 22.00 WIB, namun ini juga akan membatasi pilihan Anda. Bagaimana jika ternyata peluang muncul seblum pukul 19.00 atau setelah pukul 22.00? Bagaimana jika ternyata pukul 19.00 – 22.00 justru ternyata pasar bergerak sangat sempit atau bahkan cenderung flat? Strategi intraday atau jangka pendek mungkin tidak akan cocok untuk Anda terapkan.

Mungkin Anda justru bisa beralih ke view yang lebih panjang, misalnya trading mingguan atau dua mingguan. Yang penting untuk Anda lakukan adalah Anda harus tahu dulu kapan waktu-waktu yang sesuai untuk Anda untuk tetap bisa memantau pergerakan pasar.

2) Maksimalkan waktu

Sejalan dengan ide bahwa pengaturan waktu adalah hal yang sangat penting bagi seorang trader paruh waktu, maka itu berarti bahwa Anda harus benar-benar bisa mengatur waktu Anda, terutama di tahap-tahap awal pengembangan sistem trading Anda.

Ketika trading, kita harus benar-benar mengasah ketajaman kita melalui latihan dan latihan. Bukan hanya dengan melakukan transaksi, namun lakukanlah juga pengamatan chart, melakuan pengujian atas suatu sistem trading, dan lain-lain. Jangan hanya duduk dan diam menunggu ketika misalnya pasar sedang sepi. Gunakan beberapa menit saja untuk mengasah terus kemampuan Anda.

3) Belajar, belajar!

Sekilas terdengar sederhana bahkan klise, tapi sebenarnya jika dipikirkan dengan serius, sebenarnya ini sangat penting. Sebagai trader paruh waktu, Anda mungkin akan sering melewatkan kesempatan yang ada di pasar. Maka dari itu sangat penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang sesungguhnya bisa membuat pasar bergerak.

Perbanyaklah membaca buku-buku yang berhubungan dengan trading, atau carilah informasi tersebut di internet. Ada baiknya juga Anda mem-bookmark laman website ini agar sewaktu-waktu bisa Anda buka dengan mudah jika Anda perlu untuk me-refresh pengetahuan Anda.

Buatlah beberapa skenario dan strategi alternatif agar Anda bisa lebih fleksibel mengikuti pergerakan pasar.

4) Bersikap selayaknya manusia, bukan robot!

Anda bukanlah sebuah robot. Artinya tidak mungkin Anda bisa berada di depan layar monitor harga selama 24 jam sehari. Apalagi Anda memiliki pekerjaan utama yang harus disikapi dengan lebih serius. Maka janganlah terlalu khawatir atau kecewa jika Anda melewatkan sebuah momen besar di pasar. Selama Anda memiliki cukup kesabaran, percayalah akan selalu ada peluang yang tersedia bagi Anda.

5) Rajinlah berselancar di internet untuk mencari informasi

Internet bagaikan perpustakaan raksasa. Anda bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya di sana, termasuk informasi tentang trading. Website ini menjadi salah satu contohnya.

Anda juga bisa berkomunikasi dengan pengasuh website ini untuk berbagi pengalaman menjadi trader paruh waktu. Atau Anda bisa mencari forum-forum trader untuk berbagi pengalaman. Dengan demikian, Anda bisa mencari tahu apa yang sebaiknya dilakukan oleh trader paruh waktu seperti Anda.

6) Buat prioritas

Anda harus ingat bahwa sebagai trader paruh waktu, tentu penghasilan utama Anda bersal dari pekerjaan utama Anda, bukan berasal dari trading. Artinya, hampir bisa dipastikan bahwa semua pengeluaran Anda dibiayai oleh pekerjaan utama Anda itu. Maka dari itu, meskipun kegiatan trading luar biasa menarik bagi Anda, tetap saja Anda harus memberikan prioritas lebih pada pekerjaan utama Anda. Ingatlah bahwa trading adalah kegiatan yang sangat menguras pikiran. Tidaklah bijak jika trading sampai menyita perhatian Anda melebihi pekerjaan utama Anda, sebab bagaimana jika ternyata kegiatan trading tersebut tidak berjalan sesuai dengan rencana? Yang akan terjadi adalah “double-disaster”!

Mudah-mudahan beberapa tips di atas bisa membantu Anda yang merupakan trader paruh waktu agar bisa memaksimalkan waktu dan peluang yang ada di pasar.

Selamat mencoba.

Ayo yang mau coba trading tapi masih takut, silakan cobain demo disini

Demo Akun

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf jika banyak kekurangan dalam tulisan saya. Karena saya juga masih belajar dan berharap bisa terus memperbaiki diri.

Mohon keikhlasannya jika dalam tulisan ini ada yang masih kurang. Mudah-mudahan walaupun sedikit akan ada manfaatnya untuk pembaca.

Terima kasih

 
Design by Belajar Trading Online Legal | Blogger Theme by mistaflex40 - Free Demo Akun | ForexIMF.com