Kamis, 13 Februari 2014

Ingin Memulai Trading ? Baca Ini Dulu !


Belajar Trading Online - Saat Anda membaca artikel ini, Anda mungkin sudah berencana untuk membuka real account lewat Anda. Mungkin Anda sudah merasa mantap dan cukup percaya diri untuk mulai segera memulai pertarungan yang sesungguhnya di pasar. Mungkin juga saat ini sudah Anda sudah membayangkan dollar demi dollar masuk ke rekening Anda.

Sebentar. Ambil jeda sejenak. Saya bukan ingin membuyarkan lamunan Anda, namun ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan sebelum Anda benar-benar melangkah ke dalam medan pertempuran yang sengit di pasar itu.

Saya berasumsi bahwa Anda sudah memulai melakukan simulasi menggunakan terlebih dahulu. Jika belum, saya sarankan Anda untuk melakukan simulasi tersebut. Hal itu sangat penting karena merupakan bagian dari latihan Anda untuk bisa menjadi trader yang konsisten dan profitable. akan membantu Anda untuk berlatih dengan keadaan pasar yang sesungguhnya, namun tanpa meresikokan uang Anda sepeser pun. Selain itu, Anda juga akan bisa melatih kedisiplinan Anda dalam menjalankan sistem dan trading plan Anda.

Seperti yang saya sampaikan di atas, ada beberapa hal yang perlu Anda tanyakan pada diri Anda sendiri sebelum memutuskan untuk benar-benar terjun ke dunia trading yang sesungguhnya. Jadi, sifatnya adalah introspeksi. Jika jawaban Anda untuk semua pertanyaan-pertanyaan berikut adalah YA dengan Y besar, maka Anda memang sudah benar-benar siap tempur. Namun ingat bahwa setiap pertanyaan tersebut harus Anda jawab dengan tegas dan mantap. Jika ada satu saja – ya, SATU saja – pertanyaan yang Anda jawab dengan ragu-ragu, atau Anda harus berpikir dulu sebelum menjawabnya, kemungkinan besar Anda belum siap. Bahkan jawaban semisal “Mmm… mungkin…” atau “Sepertinya iya deh…” pun tidak bisa diterima.

Mari kita mulai.

1. Apakah Anda sudah memiliki sistem trading dan trading plan yang memang sesuai dengan karateristik trading Anda?

Tanpa hal ini – percayalah – modal Anda hampir bisa dipastikan akan lenyap dalam sekejap. Ini sama saja dengan merencanakan untuk membuang uang Anda sia-sia. Tanpa sistem trading yang bagus dan cocok dengan Anda, mustahil Anda akan bisa berhasil. Trading plan juga sangat penting untuk mencegah Anda dari mengambil keputusan yang asal-asalan, apalagi emosional. Tanpa hal-hal tersebut, bersiaplah untuk tersedu-sedan di dasar jurang penyesalan yang paling dalam.

2. Apakah Anda memiliki dokumentasi dari performa trading simulasi Anda?

Ini juga adalah hal yang perlu dimiliki oleh setiap trader. Jangan menjadi trader pemalas yang tidak mau membuat dan menyimpan jurnal trading Anda. Ini penting sebagai bahan evaluasi performa trading Anda. Dengan melakukan evaluasi, Anda akan mendapatkan setidaknya dua benefit: Anda akan bisa mengoreksi kesalahan Anda dan Anda akan bisa meng-upgrade performa Anda. Tanpa dokumentasi jurnal trading, tidak mungkin Anda bisa melakukan evaluasi semacam itu.

3. Apakah total profit yang Anda peroleh selalu lebih besar daripada loss yang Anda derita?

Maksudnya adalah keuntungan Anda terus meningkat selama melakukan transaksi. Dua ata tiga kali loss masih bisa diterima jika keseluruhannya ternyata masih untung. Jika dalam simulasi saja Anda susah untuk bisa memperoleh profit, apalagi jika Anda melakukan trading dengan real money. Akan sangat mustahil, kecuali ada keajaiban yang menyertai Anda. Tetapi Anda bukan nabi kan? Jadi, dalam trading berhentilah berharap pada keajaiban.

4. Apakah sebelumnya Anda sudah melakukan simulasi dengan demo account paling tidak selama enam bulan berturut-turut?

Ini adalah pertanyaan yang penting. Pasar adalah “makhluk” yang sangat dinamis. Ia hidup. Ia senantiasa berubah. Oleh karena itu, sistem trading Anda yang mungkin bekerja dengan baik di tiga bulan pertama mungkin justru akan menghancurkan account Anda di bulan ke-4, ke-5, atau ke-6. Semakin panjang pengalaman Anda, akan semakin matang kemampuan Anda. Ibarat prajurit, maka prajurit yang memiliki pengalaman tempur lebih banyaklah yang biasanya akan bertahan di medan tempur.

Bagaimana? Apakah semua pertanyaan di atas Anda jawab dengan “YA!” yang tegas dan mantap? Jika memang demikian, selamat bertransaksi.

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf jika banyak kekurangan dalam tulisan saya. Karena saya juga masih belajar dan berharap bisa terus memperbaiki diri.

Mohon keikhlasannya jika dalam tulisan ini ada yang masih kurang. Mudah-mudahan walaupun sedikit akan ada manfaatnya untuk pembaca.

Terima kasih

 
Design by Belajar Trading Online Legal | Blogger Theme by mistaflex40 - Free Demo Akun | ForexIMF.com