Kamis, 27 Februari 2014

Analisis Teknikal dan Analisis Fundamental, atau Keduanya ?


Belajar Trading Online - Menjalani profesi sebagai seorang trader sangatlah diperlukan kemampuan menganalisis pergerakan atau mengenal karakter mata uang tertentu sehingga ia bisa trading pada saat yang tepat dan menghasilkan keuntungan. Dibutuhkan pertimbangan yang matang dalam setiap pengambilan keputusan. Untuk pengambilan keputusan tersebut, ada dua pendekatan analisis yaitu analisa fundamental dan analisa teknikal.

"Analisis teknikal lebih berfokus atas apa yang ada di dalam grafik yang tertera dalam trading platform, sedangkan analisis fundamental lebih berdasarkan atas faktor – faktor ekonomi yang mempengaruhi pergerakan harga di pasar."

Ada trader yang hanya mengacu pada analisis teknikal untuk perdagangan jangka pendek dan ada juga yang hanya mengacu pada analisis fundamental untuk perdagangan jangka panjang. Akan tetapi ada juga yang menggunakan perpaduan keduanya untuk membantu dalam pengambilan keputusan untuk masuk ke pasar dan keluar dari trading.

Lalu perlu di ingat juga bahwa bukan grafik yang mengerakan pasar akan tetapi faktor fundamental yang menyebabkan pasar bergejolak dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Seperti diketahui, bahwa pergerakan mata uang suatu negara akan dipengaruhi oleh kondisi negara yang bersangkutan terutama dari sudut ekonomi, social dan politik. Secara garis besar, ada beberapa hal yang mempengaruhi pergerakan mata uang suatu negara, yakni perekonomian negara, tingkat pertumbuhan, kebijakan pemerintah, anggaran perdagangan, dan tingkat suku bunga.

Sebagai contoh, di pasar keuangan pada umumnya akan bereaksi terhadap tingkat suku bunga dan tingkat inflasi suatu negara. Biasanya bila tingkat inflasi meninggi maka bank sentral akan berupaya menaikkan tingkat suku bunga untuk menekan laju konsumsi. Dengan semakin berkurangnya mata uang yang beredar di pasar karena banyaknya orang yang menginvestasikan uang di bank dapat menyebabkan mata uang negara tersebut naik.

Lalu mana yang dipilih? Analisis teknikal atau analisis fundamental? 


Biasanya banyak orang lebih menyukai analisis teknikal karena terkesan lebih sederhana dan instan. Selain itu, analisis teknikal hanya berfokus dengan apa yang bisa dilihat di grafik. Manfaat utama dari analisis fundamental adalah untuk membantu trader memahami trend secara global terhadap satu atau beberapa mata uang dan kaitan – kaitannya dengan dinamika ekonomi satu atau beberapa negara.

Walau ada perubahan fundamental yang pengaruhnya hanya secara bertahap, tetapi ada juga dinamika yang bisa membuat gejolak besar sesaat yang bisa mempengaruhi posisi trading trader, bila ia tidak paham atas apa yang sedang terjadi. Analisa fundamental lebih menekankan terhadap siklus ekonomi yang mempengaruhi pergerakan harga dalam waktu menengah atau jangka panjang. Jadi, mana yang harus dipilih?

Pemilihan analisis teknikal atau fundamental atau kedua – duanya, dikembalikan kembali kepada kebutuhan dan kesukaan dari masing – masing trader karena analisa teknikal dan fundamental memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing.

Happy trading

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf jika banyak kekurangan dalam tulisan saya. Karena saya juga masih belajar dan berharap bisa terus memperbaiki diri.

Mohon keikhlasannya jika dalam tulisan ini ada yang masih kurang. Mudah-mudahan walaupun sedikit akan ada manfaatnya untuk pembaca.

Terima kasih

 
Design by Belajar Trading Online Legal | Blogger Theme by mistaflex40 - Free Demo Akun | ForexIMF.com