Jumat, 14 Februari 2014

Berkenalan Dengan Garis Support Dan Garis Resistance

Belajar Trading Online - Pada dasarnya support dan resistance merujuk pada level harga tertentu yang dalam sejarah nya telah menjadi pembatas dalam pergerakan harga, mengingat bahwa harga bergerak naik dan turun.

Garis Support adalah garis imaginer di level tertentu di bawah harga yang berlaku saat ini, yang berfungsi mencegah harga terperosok lebih dalam dari garis tersebut.

Garis support merupakan sentiment bullish, optimimse dan gairah pasar, dikarenakan garis tersebut terjadi karena banyak nya para pembeli dan sedikitnya penjual, sehingga berpotensi harga kembali memantul ke atas saat berada pada area garis tersebut.


Pada saat membuat garis support, biasanya para trader manarik garis lurus lalu menghubungkan titik titik pada area harga terendah..seperti gambar di atas itu.

Sedangkan garis resistance adalah kebalikan dari garis support. Garis resistance adalah garis imaginer di level tertentu di atas harga yang berlaku saat ini, yang berfungsi mencegah harga terbang lebih tinggi dari garis resistance.

Garis resistance merupakan sentiment bearish, menandakan keraguan, dan pesimisme dikarenakan garis tersebut terjadi karena banyaknya para penjual dan sedikitnya pembeli sehingga berpotensi harga memantul ke bawah saat berada pada area garis tersebut.

Pada saat membuat garis resistance para trader umumnya menarik garis lurus dan menghubungkan titik titik pada area harga tertinggi.



Dalam membuat garis support maupun resistance tidak harus merupakan level yang pasti. Jadi tidak perlu garis yang dengan sempurna menghubungkan semua titik-titik tersebut. Perbedaan beberapa pips masih bisa diterima.

Support menjadi resistance dan resistance menjadi support


Nah lho... kenapa bisa seperti itu? Tidak ada yang kekal di dunia yang fana ini, termasuk garis support maupun resistance. Ketika garis support sudah ditembus oleh pergerakan harga maka garis tersebut sudah berubah menjadi resistance. Begitu pun sebaliknya, ketika garis resistance di tembus oleh harga dari bawah ke atas, maka sudah barang tentu garis tersebut bermetamorfosis menjadi garis support, seperti gambar di bawah ini:


Sekian dulu pembahasan tentang garis support dan resistance-nya. Jika Tuhan mengijinkan, di kesempatan lain kita akan membahas tips-tips mencari peluang cuan dengan memanfaatkan garis support dan resistance ini. Salam profit.

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon maaf jika banyak kekurangan dalam tulisan saya. Karena saya juga masih belajar dan berharap bisa terus memperbaiki diri.

Mohon keikhlasannya jika dalam tulisan ini ada yang masih kurang. Mudah-mudahan walaupun sedikit akan ada manfaatnya untuk pembaca.

Terima kasih

 
Design by Belajar Trading Online Legal | Blogger Theme by mistaflex40 - Free Demo Akun | ForexIMF.com